Activity

Talk Show - Ancaman Hilangnya Kedaulatan Rakyat 17 Oktober 2014

Print PDF

Kepada Yth
Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian
Di tempat


Undang-undang Pilkada yang disahkan DPR pada tanggal 26 September 2014 merupakan kemunduran demokrasi. Kedaulatan rakyat yang sudah diraih saat reformasi malah direnggut kembali dengan mengambil hak rakyat untuk memilih pemimpin daerahnya ke tangan DPRD. Kebijakan yang sarat kepentingan elit di DPR ini juga mengakibatkan rusaknya tatanan demokrasi (prinsip check and balances) dan tertutupnya ruang partisipasi warga dalam kontrol kebijakan.

Melihat situasi ini, sebuah aliansi Gerakan Rakyat Berdaulat (GRB) yang terdiri dari sekitar 160 organisasi lintas sektor telah dibentuk untuk merespon adanya ancaman demokrasi tersebut. Untuk mendiskusikan persoalan dan tawaran rekomendasi, DEMOS bersama ELSAM - KID - PERLUDEM - PUSKAPOL UI dan LP3ES yang merupakan anggota GRB bermaksud mengundang rekan-rekan untuk hadir dalam talkshow dengan tema "Ancaman Hilangnya Kedaulatan Rakyat" yang akan dilaksanakan pada :

Hari/tanggal Jumat, 17 Oktober 2014
Pukul 13.30 – 16.30 WIB
Tempat Oria Hotel Lantai 2, Jl. KH Wahid Hasyim No. 85 Jakarta
Pusat

Demikian undangan kami, berharap rekan-rekan dapat hadir dalam acara ini. Untuk konfirmasi kehadiran, dapat menghubungi  Miftah Fadli (087885476336) dan Zico Mulia (0821 1409 6051). Atas perhatian dan kesediaannya, kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,
a/n Panitia Bersama


 

KID: People under Intense Pressure before Presidential Election

Print PDF

The Indonesian Community for Democracy (KID) reported that with the July 9 Presidential Election drawing near, the Indonesian people are now under 'intense pressure'.

KID Chairman Ignas Kleden said the pressure was caused by 'disinformation'.

Seruan Etis untuk Pemilihan Presiden Secara Bermartabat

Print PDF

Pemilihan Presiden, menjadi kesempatan bagi seluruh rakyat untuk melaksanakan hak demokratisnya, dengan menjadi pihak yang menentukan kepada siapa kekuasaan rakyat diberikan untuk memimpin seluruh negeri.

Pemerintah Dinilai Abai Urus Pemilu

Print PDF

Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID) menilai, pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak mengurus pemilu sesuai dengan tanggung jawabnya. Presiden dinilai terlalu sibuk mengurus partainya, Partai Demokrat.

"SBY adalah presiden semua rakyat Indonesia, bukan hanya presiden Partai Demokrat. Dia harus memberi kenyamanan bagi semua rakyat Indonesia, bahwa mereka yakin bisa memilih sesuai aspirasinya tanpa nanti ada apa-apa. Itu tidak terjadi," ujar Sekretaris Jenderal KID Ratih Hardjono di Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta Pusat, Sabtu (5/7/2014).

Komunitas Indonesia untuk Demokrasi: Bujukan Uang di Pilpres Renggut Kebebasan

Print PDF

Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID) meminta agar penyelenggaraan pemilihan presiden (pilpres) baik oleh penyelenggara dan peserta Pemilu dilakukan dengan menjunjung etika. Salah satunya dengan melakukannya secara bermartabat dan tidak melakukan politik uang.

"Kita sebaiknya melakukan semacam renungan atau imbauan agar pelaksanaan Pemilu dilakukan bermartabat dan tidak meruugikan kepentingan rakyat," kata Ketua Umum KID Ignas Kleden dalam konferensi pers bertajuk "Seruan Bersama untuk Mengawal Proses Pemilu Presiden agar Berlangsung Tertib, Aman dan Damai" di gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta, Sabtu (5/7).

 

Related Links

Contact us

Komunitas Indonesia untuk Demokrasi
Jl. Tebet Barat Dalam X No. 23
Tebet, Jakarta Selatan
Tlp. 021 8314468 / 021 837 89 381

Email info@komunitasdemokrasi.or.id