Popular

eModul KID

Siapa yang Online

Kami memiliki 2 Tamu online

Petisi Online

Kegiatan KID

KID on Map

Testimonial

Kerangka Acuan: Diskusi Publik Pelembagaan Partai Politik

Cetak PDF

Salah satu ciri pokok demokrasi adalah kompetisi. Demi mencapai tujuan masing-masing, para pelaku politik demokratis bersaing memperebutkan jabatan publik melalui proses pemilihan. Sarana normal untuk itu adalah partai politik.

Selain mengorganisasikan kompetisi, partai politik juga berfungsi sebagai penyambung antara masyarakat dan pemerintah, terutama melalui kegiatan artikulasi dan agregasi kepentingan masyarakat sehingga bisa diproses dalam sistem politik. Karena kepentingan masyarakat muncul dalam bentuk dan sifat yang berbeda-beda, partai politik perlu menyaringnya, mengaturnya sehingga terstruktur, dan mengagregasikannya menjadi isyu-isyu yang dianggap penting untuk diproses menjadi kebijakan publik. Tanpa partai politik berfungsi demikian, sistem politik demokratik tidak akan bisa berlangsung.

Literatur yang melaporkan pengalaman empirik berbagai demokrasi menunjukkan korelasi yang valid antara kemampuan partai politik menjalankan fungsi-fungsi tersebut secara terlembaga dengan keberhasilan konsolidasi demokrasi. Yang membedakan keberhasilan demokrasi-demokrasi yang lebih maju dengan yang masih tertatih-tatih adalah derajat pelembagaan partai politiknya.

Apa yang dimaksud dengan “pelembagaan partai politik”?

Menurut S.P. Huntington, “pelembagaan” adalah “the process by which organizations and procedures acquire value and stability” (Huntington 1968: 12). Organisasi dan prosedur dianggap terlembaga kalau dianggap berharga (tidak bisa ditinggalkan karena sangat diperlukan) dan berlangsung dengan ajeg. Jadi, pelembagaan mensyaratkan “stabilitas” dan “penghargaan.”

Mengikut cara berpikir ini, “pelembagaan partai politik” bisa dimengerti sebagai “a process in which individual political parties that participate in elections experience an increase in organizational stability and value” (Basedau & Stroh, 2008). Partai politik dianggap terlembaga kalau pengorganisasiannya stabil dan para pendukungnya (anggota dan pemilihnya) menganggap partai itu memang sangat diperlukan.

KID mengundang untuk hadir dalam acara Diskusi Publik mengenai "Pelembagaan Partai Politik", untuk detail acara dan tempat bisa mengakses halaman event diskusi publik ini . Kerangka Acuan lengkap bisa di unduh di sini

Related Links

Hubungi Kami

Jl. Tirtayasa VII, No.1, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12160

Telp. 021-72801219

Fax. 021-7201942

Email info@komunitasdemokrasi.or.id